Dimensi Ideal Pembuatan Studio Musik | Jasa Pembuatan Studio Musik 081226549069

Pada akustik ruang rekaman atau ruang studio musik, aturan yang paling penting untuk diingat adalah, hindari dimensi yang serupa. Dalam hal ini adalah ruangan berbentuk persegi akan membuat kualitas akustik studio musik menjadi kurang baik.

Aturan penting lainnya adalah ; hindari permukaan paralel yang besar. Kedua kondisi ini akan menghasilkan "standing waves" dan juga "flutter echos". Pada ruangan yang berbentuk kotak dengan permukaan parallel, gelombang suara pada frekuensi kritis dapat memantul di dalam ruangan dengan intensitas yang cukup tinggi. Efek ini dapat terjadi antara dinding atau antara langit-langit dengan lantai. Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya suara "rat-tat-tat" ketika anda bertepuk tangan dengan kuat dan saat anda berdiri di tengah ruangan. Maka dari itu kondisi tersebut haruslah dihindari dalam desain dan konstruksi studio musik.

Dimensi ideal untuk ruang rekaman dan studio musik dapat dihitung dengan menggunakan rasio berikut :

#1 Kamar berukuran kecil > Tinggi = 1, Panjang = 1,6, lebar 1,25 

Dengan kata lain, untuk membangun studio musik kecil, langit-langit haru 10 kaki (3,04m), lebar 12 1/2 kaki (3,81m), dan panjang 16 kaki (4,87m). Dengan menggunakan dimensi ini, dengan dinding,lantai dan langit-langit non paralel, dan dengan akustik treatment yang lengkap, Anda bisa memiliki studio kecil yang bagus.

Saat memilih dimensi untuk sebuah studio atau mengevaluasi desain yang ada, sangat penting untuk memiliki dimensi utama yang tidak paralel satu sama lain.

Dimensi ruangan akan mempengaruhi dan merespon resonansi puncak dari suara. Ruangan dengan tinggi langit-langit sepuluh kaki dengan lebar dua puluh kaki dan panjang tiga puluh kaki, diperkirakan memiliki "standing wave", "Flutter echoes" dan tidak akan cocok untuk studio rekaman. Dimensi ruangan menghasilkan efek hang-over pada frekuensi kritis.

Idealnya, dalam desain studio, tujuan terpenting yang harus dicapai adalah, distribusi resonansi alami yang baik di dalam ruangan, ditambah dengan penyerapan dan difusi gema pada rentang frekuensi yang cukup luas. Kunci sebenarnya untuk mendapatkan suara yang bagus dari studio adalah desain dan juga perencanaan akustik ruang. Studio musik yang bagus biasanya tercipta dari jasa pembuatan studio musik profesional yang telah berpengalaman, dan dibuat dengan perencanaan dan pikiran yang cermat.

Faktor diatas juga berlaku sama untuk desain akustik ruang kontrol dengan satu pengecualian. Ruang kontrol harus 25% lebih "dead" dari pada ruangan studio. Hal ini dapat diciptakan dengan memperbanyak material yang bersifat menyerap (absorber). Dengan membuat ruang kontrol lebih "dead" dari pada ruang studio, akan jauh lebih mudah untuk mendengar suara dari studio itu sendiri dengan mengilangkan efek pewarnaan yang dihasilkan oleh pantulan suara.

JASA PEMBUATAN STUDIO MUSIK
JASA PEREDAM RUANGAN
JASA PEREDAMAN STUDIO MUSIK
AKUSTIK RUANG
JASA PEMBUATAN HOMETHEATER
JASA PEREDAMAN HOMETHEATER
JASA PEMBUATAN RUANG KARAOKE
JASA PEREDAMAN RUANG KARAOKE