Desain Studio Musik Minimalis | Studio Musik Bapak Agung Magelang

 

DESAIN STUDIO MUSIK MINIMALIS, Bapak Agung, Magelang. Studio musik ini baru saja diselesaikan oleh tim desainstudiomusik.com kemarin nih, ini adalah salah satu tipe studio dengan desain minimalis. Didominasi dengan warna putih agar kesan ruangan menjadi lebih luas. Efek yang bisa didapatkan adalah ruangan yang sangat cerah, namun lembut dan tampak lapang.

Arti minimalis dalam menggunakan kebutuhan yang paling mendasar.Minimalis dalam desain menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Bentuk-bentuk yang geometris dan tanpa dekorasi menjadi karakter konsep desain minimalis.

Untuk studio musik ini tim kami menggunakan finishing jayabell. Jayabell adalah sebuah papan gipsum perforasi dan memiliki lapisan tisu akustik, yang dikembangkan khusus sehingga memiliki kemampuan menyerap suara yang sangat baik. Perforasi pada papan gipsum dan tisu akustik membantu menyerap suara dan mengontrol waktu dengung (gema/gaung) di dalam ruangan.

Lubang-lubang pada papan gipsum dan tisu akustik membantu menyerap suara dan mengurangi gaung yang terjadi di dalam ruangan. Meningkatkan kemampuan membedakan suara musik dan suara manusia.

Keunggulan panel jayabell

  • Tingkat NRC (Nouise Reduction Coefisien) tinggi
  • Dapat diaplikasikan pada partisi dan plafon melengkung tanpa mempengaruhi kemampuan daya serap suara
  • Tersedia 4 pilihan tipe lubang untuk kebutuhan estetika

Adapun beberapa kriteria bahan peredam yang baik bagi studio musik

1. Tingkat Densitas (Massa Jenis) Permukaan
Bahan kedap suara yang memiliki densitas (massa jenis) permukaan yang lebih besar memiliki nilai kedap suara yang lebih besar pula. Densitas permukaan adalah berat bahan tipis yang mendekati nol dibagi dengan luas permukaan bahan tersebut. Satuan densitas permukaan adalah kilogram per meter persegi (kg/m2).
Contoh:
Densitas permukaan MDF 3mm adalah 1.93kg/m2 memiliki STC 9 dan densitas permukaan Triplek 3mm adalah 0.71kg/m2 memiliki STC 5. STC singkatan dari Sound Transmission Class dan menunjukan indeks pengurangan transmisi suara material tertentu. Semakin besar angka STC, maka material tersebut memiliki kemampuan kedap suara yang lebih besar pula. Dari contoh tersebut, terlihat bahwa semakin besar densitas permukaan sebuah material, maka semakin besar pula nilai STC-nya.

2. Tingkat Tahanan Udara (Flow Resistivity)
Material dengan tingkat tahanan udara yang tinggi memiliki nilai kedap suara yang lebih baik. Material dengan tingkat tahanan udara yang kecil umumnya memiliki pori rongga udara yang renggang. Sebagian besar orang menggunakan bahan berpori untuk membuat dinding kedap suara yang mana hasilnya sering kali mengecewakan. Material dengan pori rongga udara yang rapat menyulitkan gelombang suara untuk merambat melalui rongga udara antarserabut.

3. Tidak Turut Bergetar atau Dapat Meredam Getaran
Bahan kedap suara yang baik tidak mudah bergetar atau meneruskan getaran sehingga mampu meredam getaran.

4. Memantulkan Suara
Ciri lain bahan kedap suara yang baik adalah bahan tersebut memantulkan suara. Bahan yang memantulkan suara lebih besar cenderung memiliki nilai kedap suara yang lebih besar. Karena semakin besar energi suara yang dipantulkan, maka semakin sedikit energi suara yang diteruskan. 

5. Aman Bagi Manusia dan Lingkungan
Syarat yang paling penting bagi bahan kedap suara adalah keamanan bagi manusia dan lingkungan. Keamanan dalam hal ini adalah aman buat kesehatan manusia, yaitu tidak beracun. Aman terhadap ancaman kebakaran karena tidak cepat merambatkan api. Selain itu, bahan kedap suara harus bisa berumur panjang karena masa pakai sebuah properti bisa sampai 20 tahun lebih.

WhatsApp Call